Menganalisis Hubungan dengan Pelanggan

P E L A N G G A N

A.    Pengertian Pelanggan

         Ada bebarapa pengertian pelanggan yang dapat kita ketahui, yaitu :
1.    Pelanggan adalah seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha.
2.    Pelanggan adalah orang yang memberikan perhaian penuh terhadap produk/jasa yang kita tawarkan.
3.    Pelanggan bukan hanya mendatangkan uang, tetapi juga sebagai manusia yang mempunyai perasaan dan keinginan yang harus kita hormati.
4.    Pelanggan adalah bagian terpenting dalam usaha suatu perusahaan.
5.    Pelangga adalah orang atau merupakan lembaga yang melakukan pembelian produk atau jasa secara berulang-ulang.
6.    Pelanggan datang sebagai sahabat, maka kita sebagai produsen harus memperlakukan pelanggan dengan baik.
7.    Pelanggan adalah orang yang paling penting dalam kegiatan usaha (bisnis).
8.    Pelanggan adalah orang yang tidak tergantung pada diri kita, tetapi sebaliknya, kitalah yang tergantung padanya.

B.    Klasifikasi Pelanggan

1.    Pelanggan dari segi Banyaknya
Pelanggan ditinjau dari segi usia dapat dikategorikan sebagai berikut :
a.    Pelanggan Individu
Pelanggan individu adalah pelanggan yang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan dirinya sendiri.
b.    Pelanggan Family
Pelanggan family adalah pelanggan yang berbelanja atas nama keluarga sekalipun pembeliannya dilakukan oleh seseorang yang mewalikinya.
c.    Pelanggan Organisasi
Pembelian organisasi adalah pelanggan yang melaukukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan organisasi/instansi sekalipun pembeliannya diwakilkan pada seseorang.
2.    Pelanggan dari segi Usianya

a.    Dari usia 0 sampai 3 tahun
b.    Dari usia 3 sampai 6 tahun
c.    Dari usia 6 sampai 12 tahun
d.    Dari usia 12 sampai 17 tahun
e.    Dari usia 17 sampai 22 tahun
f.    Dari usia 22 sampai 45 tahun
g.    Dari usia 45 sampai 65 tahun
h.    Dari usia 65 sampai 70 tahun
i.    Dari usia 70 tahun keatas

3.    Pelanggan dari segi Jenis Kelamin
Pelanggan : laki-laki dan perempuan
4.    Pelanggan dari segi Tingkat Pendapatan
5.    Pelanggan dari segi Pendidikan
Latar belakang pendidikan pelanggan dapat dikategorikan sebagai berikut :

a.    Berpendidikan Taman Kanak-kanak (masih sekolah/ telah keluar)
b.    Berpendidikan Sekolah Dasar (masih sekolah/ telah keluar)
c.    Berpendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (masih sekolah/ telah keluar)
d.    Berpendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (masih sekolah/ telah keluar)
e.    Berpendidikan Perguruan Tinggi (masih kuliah/ telah keluar)

6.    Pelanggan dari segi Waktu Pembelian

a.    Pelanggan harian
b.    Pelanggan mingguan
c.    Pelanggan bulanan
d.    Pelanggan tahunan
e.    Pelanggan waktu pagi
f.    Pelanggan waktu sore
g.    Pelanggan waktu malam

7.    Pelanggan dari segi Geografis

a.    Dari daerah pedesaan
b.    Dari daerah perkotaan
c.    Dari daerah pegunungan
d.    Dari daerah pantai
e.    Dari daerah yang lainnya

8.    Pelanggan dari segi Agama

C.    Analisa Pelanggan Secara Ilmiah

1.    Penentuan Sumber Data
2.    Metode Penelitian yang Digunakan
3.    Macam-macam Penelitian dari Segi Data yang Digunakan
4.    Prosedur Penelitian Pasar
5.    Faktor-faktor yang harus diperhatikan dlm menentukan Analisa Pelanggan adalah :

a.    Pelayanan
b.    Mutu produk
c.    Kemudahan

About these ads

Posted on Agustus 31, 2012, in Mata Pelajaran and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. |Thank you for your appreciations to like my post. lets we build synergy.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: