Peluang Baru dari pelanggan

MENEMUKAN PELUANG BARU DARI PELANGGAN

OLEH Dra INDROGINI HR MM

DATA PRIMER DAN DATA SEKUNDER

DATA PRIMER KETERANGAN
Internal record Data  dari dokumen perusahaan yang berfungsi untuk menunjukan biaya-biaya langganan, biaya barang dan analisa dari catatan penjual
Field surveys Data informasi yang diperoleh dari lapangan yang berhubungan dengan pelanggan
questionaries Data yang di peroleh dari pelanggan baik dari pertanyaan pelanggan untuk penjual atau pertanyaan penjual untuk pelanggan

Datasekunder

Keterangan

Libraries

Data yang diperolehdaripoerpustakaandansumberbacaan lain yang memberiinformasitentangpelanggan

Govermet report

Data yang diperolehdaripemerintahtentangkeadaanpenduduksebagaipotensipasar yang berhubungandenganperdagangan

Trade paper

Data yang diperolehdariperusahaansebagaibahaninformasi

Reseatrch bureau

Data yang diperolehdaripenelitianberbagaikalangandanpraktisipeneliti

Trade association

Data yang diperolehdariasosiasiperusahaandagang yang dapatdijadikninformasisepertipublikasi

Metode Survai

Metode Historis
•Untuk mengukur potensi pasar
•Mengetahui kecenderungan harga pasar
•Melakukan penelitian
•Menganalisis biaya distribusi

Metodeobservasi
• Yaituteknik yang dilakukandengancarapengamatanataupengukuranlangsungterhadapkejadianterbuka


Metode percobaan
•Yaitu teknik yang digunakan untuk mengetes
berbagai macam jenis reklame promosi penjualan
Macam-macam penelitian dari segi data yang digunakan
•Data primer dan sekunder yang kita jadikan acuan ionformasi untuk menganalisis pelanggan dapat kita perhitungan secara angka-angka (kuantitatif) dan bentuk kata-kata (kualitatif)
Macam – macam Prosedur Penelitian Pasar
•Penelitian Pendahuluan
•Perencanaan
•PelaksanaanPenelitian

Bagan prosedur penelitian pasar

Faktor yang mempengaruh itinggi rendah permintaan pelanggan
•Kebutuhan dan selera pelanggan bersifat relatif
•Tinggi rendahnya harga barang/jasa yang ditawarkan
•Daya beli pelanggan
•Harga barang/jasa lain yang sejenis
•Komposisi identitas dan status pelanggan

Permintaan dibedakan menjadi 3 jenis
•Permintaan potensial
Permintaan yang menunjukan intensitas pelanggan terhadap  kegunaan suatu barang tanpa memikirkan daya beli terhadap barang
•Permintaan Efektif
Permintaan yang menunjukan intensitas pelanggan terhadap kegunaan
•Permintaan takterjamin
Permintaan yang tidak terpuaskan oleh pelanggan ataupun penjual

Syarat-syarat  hukum permintaan
•Barang yang hanya untuk mendapat pujian
•Tidak ada pengharapan atas perubahan harga
•Harga barang lain yang tetap
•Pendapatan pelanggan tetap
•Selera pelanggan tetap

 

Datasekunder

Keterangan

Libraries

Data yang diperolehdaripoerpustakaandansumberbacaan lain yang memberiinformasitentangpelanggan

Govermet report

Data yang diperolehdaripemerintahtentangkeadaanpenduduksebagaipotensipasar yang berhubungandenganperdagangan

Trade paper

Data yang diperolehdariperusahaansebagaibahaninformasi

Reseatrch bureau

Data yang diperolehdaripenelitianberbagaikalangandanpraktisipeneliti

Trade association

Data yang diperolehdariasosiasiperusahaandagang yang dapatdijadikninformasisepertipublikasi

Bagan prosedur penelitian pasar

Posted on Juli 31, 2012, in Mata Pelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: